Daftar Daerah Penghasil Marmer Terbesar di Indonesia

Salah satu daerah penghasil marmer terbesar di indonesia adalah Jawa Timur, tepatnya berada di Kabupaten Tulungagung. Marmer sendiri adalah batuan kristalin kasar yang berasal dari Batu kapur atau dolomit. Marmer yang murni berwarna putih dan terutama disusun oleh mineral kalsit. Biasanya batu marmer dapat ditemui di gua-gua atau daerah pegunungan.

Marmer juga dapat kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari, biasanya marmer dijadikan sebagai hiasan rumah, sebagai bahan untuk lantai, dinding, atau sebagai bahan meja dan kursi. Selain itu, marmer juga dapat dibentuk menjadi piala, vendel, patung prasasti, dan lain-lain. Hal ini dikarenakan marmer memiliki keindahan corak atau warna yang bisa dijadikan bahan penghias atau karya seni yang bernilai tinggi, serta marmer memiliki kualitas tahan lama yang cukup bagus dan mudah untuk dipahat. 
Daftar Daerah Penghasil Marmer Terbesar di Indonesia
Selain daerah Tulungagung masih ada beberapa daerah yang dikenal sebagai penghasil marmer terbesar di Indonesia. Berikut penduduk.com sajikan dari berbagai sumber:

Daerah Penghasil Marmer Terbesar di Indonesia

1. Provinsi Aceh (Nangroe Aceh Darussalam).
2. Provinsi Lampung.
3. Provinsi Sumatra Barat.
4. Provinsi Bangka Belitung
5. Provinsi Jawa Barat.
6. Provinsi Jawa Tengah.
7. Provinsi Jawa Timur.
8. Provinsi Sulawesi Selatan.
9. Provinsi Papua.

Dari 9 Daerah penghasil marmer terbesar di Indonesia, Sulawesi Selatan menjadi penghasil kandungan marmer yang sangat baik, sedangkan dari daerah Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur memiliki produksi yang lebih menonjol dibanding daerah lainnya. Bahkan hasil produksi marmer Tulungagung sudah dipasarkan hingga ke luar negeri. 

Cara pengelolaan marmer di setiap daerah-derah tersebut juga berbeda-beda, ada yang dibuat kerajinan, bahan banguan atau juga yang dijual dalam bentuk batuan. Itulah daftar daerah penghasil marmer terbesar di Indonesia, semoga artikel ini dapat membantu wawasan anda.

Belum ada Komentar untuk "Daftar Daerah Penghasil Marmer Terbesar di Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel