Daftar Negara Asia Timur dan Ibukotanya

Benua Asia terbegai menjadi beberapa wilayah dan kawasan dua diantaranya Asia Timur dan Asia Tenggara. Terdapat 8 Negara yang masuk ke wilayah Asia Timur, yakni Cina, Hongkong, Jepang, Korea Selatan, Korea Utara, Makau, Mongolia dan Taiwan. Pada kesempatan kali ini, penduduk.com akan membahas daftar negara asia timur dan ibukotanya, lengkap dengan luas wilayahnya.

Luas Wilayah keseluruan kawasan Asia Timur mencapai 12 juta km persegi atau sekitar 4,5 mil persegi dengan total jumlah populasi mencapai lebih dari 1,6 juta jiwa atau sekitar 22% dari jumlah populasi dunia.. Sebagian besar berasal dari negara Tirai Bambu, selaku negara dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia.

Daftar Negara Asia Timur dan Ibukotanya

Sampai saat ini wilayah Asia Timur khususnya Jepang, Korea Selatan dan China memiliki peranan yang sangat penting bagi dunia, terutama dalam sisi perekonomian. Ke 3 negara tersebut merupakan anggota dari G20 dimana negara-negara tersebut memiliki pendapatan negara yang begitu besar.

Berikut ini daftar negara-negara Asia Timur beserta ibukota, dan luas wilayahnya:

# Negara Ibukota Luas Wilayah
1 Cina Beijing 9.640.011 km persegi
2 Hong Kong Hong Kong 1.104 km persegi
3 Jepang Tokyo 377.930 km persegi
4 Korea Selatan Seoul 100.210 km persegi
5 Korea Utara Pyongyang 120.538 km persegi
6 Makau Macau 30 km persegi
7 Mongolia Ulaanbaatar 1.564.100 km persegi
8 Taiwan Taipei 36.188.100 km persegi


Secara umum hanya ada 8 negara di Asia Timur yang banyak didefinisikan sesuai dengan letak geografis Asia Timur. Sebanyak 6 negara adalah negara dependen yaitu Republik Rakyat Cina (RRC), Jepang, Korea Selatan, Korea Utara, Mongolia dan Taiwan. Sedangkan 2 negara lain adalah wilayah spesial administrasi, yaitu Hong Kong dan Makau yang menjadi bagian dari negara Cina.

Itulah daftar negara asia timur dan ibukotanya, lengkap dengan luas wilayah masing-masing negara. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda penduduk's.

0 Response to "Daftar Negara Asia Timur dan Ibukotanya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel