Daftar Negara Asia Selatan dan Ibukotanya

Benua Asia terbegai menjadi beberapa wilayah dan kawasan tiga diantaranya Asia Selatan, Asia Timur dan Asia Tenggara. Terdapat 7 Negara yang masuk ke wilayah Asia Selatan, yakni Bangladesh, Bhutan, India, Maladewa, Nepal, Pakistan dan Sri Langka. Pada kesempatan kali ini penduduk.com akan membahas daftar negara Asia Selatan dan Ibukotanya, lengkap dengan luas wilayah masing-masing negara.

10% luas benua Asia diliputi oleh wilayah Asia Selatan, kira-kira 4.480.000 km² tetapi populasinya mencakup 40% populasi Asia. Maka rak heran jika kawasan Asia Selatan menjadi salah satu kawasan terpadat di dunia, kepadatan penduduknya 7 kali rata-rata dunia dan kebanyakan dari daerah itu mendapat pengaruh budaya India.

Negara Asia Selatan dan Ibukotanya

Berikut ini merupakan tabel daftar negara Asia Selatan dan ibukotanya, lengkap dengan luas wilayah setiap negaranya.

# Negara Ibukota Luas Wilayah
1 Bangladesh Dhaka 147.570 km²
2 Bhutan Thimphu 38.394 km²
3 India New Delhi 3.287.263 km²
4 Maladewa Male 298 km²
5 Nepal Kathmandu 147.181 km²
6 Pakistan Islamabad 881.913 km²
7 Sri Lanka Colombo 65.610 km²


Afganistan hanya tergabung dalam South Asian Association for Regional Cooperation (SAARC) yang merupakan sebuah asosiasi negara-negara Asia Selatan yang terdiri dari 8 negara diusulkan oleh Ziaur Rahman, Presiden Bangladesh saat itu, dan dibentuk pada 8 Desember 1985. Negara anggotanya termasuk Afganistan dan 7 Negara dari Asia Selatan seperti yang ada pada tabel di atas. Negara-negara yang bergabung SAARC ini membentuk luas wilayah sebesar 5.127.500 km² dan seperlima dari penduduk dunia.

Dilansir dari wikipedia, Umumnya, negara Afganistan dianggap sebagai negara Asia Selatan, namun tidak ada klasifikasi yang jelas. Hal ini dikarenakan negara Afganistan terletak di persimpangan Asia dan terpengaruh oleh berbagai budaya negara-negara yang mengelilinginya. Bila dilihat secara geografis, negara Afganistan dapat dianggap sebagai negara Asia Tengah bersama dengan negara "lima -stan" lain di utara.”

Itulah daftar negara Asia Selatan dan Ibukotanya lengkap dengan luas wilayah. Semoga artikel ini dapat membantu wawasan anda penduduk’s. Jangan lupa di share bila artikel ini menarik.

0 Response to "Daftar Negara Asia Selatan dan Ibukotanya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel