Pemanfaatan Limbah Sabut Kelapa Untuk Menjadi Penghasilan Tambahan

Indonesia memiliki potensi sumber daya alam kelapa yang cukup melimpah. Namun sayangnya potensi kelapa ini belum banyak di optimalkan, terutama pada limbah sabut kelapa yang hanya dibuang begitu saja. Sebenarnya pemanfaatan limbah sabut kelapa bisa untuk menjadi penghasilan tambahan jika anda tau caranya. 

Meskipun dibilang limbah, nyatanya sabut kelapa bisa menghasilkan uang tambahan. Berikut ini cara pemanfaatan limbah sabut kelapa untuk menjadi penghasilan tambahan.

1. Pemanfaatan limbah sabut kelapa sebagai kerajinan tangan

Pemanfaatan limbah sabut kelapa sebagai kerajinan tangan
Foto: Istimewah
Salah satu kerajinan tangan yang unik menarik adalah pemanfaatan sabut kelapa yang dibuat menjadi bentuk gantungan kunci, tas, dompet, hiasan dan pajangan. Untuk mendapatkan hasil kerjaninan tangan yang mempunyai nilai seni, anda harus telaten dan terus berusaha.

2. Pemanfaatan limbah sabut kelapa sebagai pupuk organik

Pemanfaatan limbah sabut kelapa sebagai pupuk organik
Foto: Istimewah
Pupuk organik yang dibuat menggunakan sabut kelapa mampu untuk menyimpan air 60% lebih banyak daripada pupuk biasa. Hal ini tentu saja akan sangat bermanfaat bagi daerah yang memiliki curah hujan yang rendah atau daerah yang sedang mengalami kekeringan. Sabut kelapa juga 0emiliki kandungan unsur hara dan juga mineral yang sangat baik untuk pertumbuhan dari tanaman, sehingga memang sangatlah cocok untuk dijadikan sebagai salah satu bahan pembuatan pupuk organik. Dengan pemanfaatan limbah sabut kelapa sebagai pupuk organik, anda dapat menjualnya ke pecinta tumbuhan.

3. Pemanfaatan limbah sabut kelapa sebagai pembuatan sapu ijuk rumah

Pemanfaatan limbah sabut kelapa sebagai pembuatan sapu ijuk rumah
Foto: Istimewah
Seperti yang kita ketahui bersama, sapu ijuk merupakan salah satu jenis peralatan rumah tangga yang digunakan untuk melakukan bersih-bersih kotoran dan debu di rumah. salah satu pembuatan sapu ijuk bisa dengan memanfaatkan limbah sabut kelapa. Biasanya sabut kelapa yang gunakan sudah kering, kemudian akan diolah sedemikian rupa. Pada akhirnya nanti akan terbentuk menjadi serabut-serabut tipis yang siap di bentuk untuk membuat sapu ijuk untuk kehidupan sehari-hari dan pastinya sudah siap untuk di jual.

4. Pemanfaatan limbah sabut kelapa sebagai pembuatan keset

Pemanfaatan limbah sabut kelapa sebagai keset
Foto: Istimewah
Keset juga bisa di buat dari sabut kelapa lho penduduk’s, untuk membuat keset dari limbah sabut kelapa bahan bakunya hampir sama dengan sapu ijuk.  Biasanya keset yang terbuat dari sabut kelapa ini diletakkan di depan pintu rumah. Jadi tidak ada salahnya membuat keset dari limbah sabut kelapa untuk dijual, karena sebagian orang disetiap rumahnya terdapat keset.

Itulah pemanfaatan limbah sabut kelapa untuk menjadi penghasilan tambahan, bagi anda yang ingin memulai usaha di atas jangan lupa berdoa untuk memulai usahanya. Semoga berhasil!

0 Response to "Pemanfaatan Limbah Sabut Kelapa Untuk Menjadi Penghasilan Tambahan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel