Daerah Penghasil Kelapa Sawit Terbesar di Indonesia

Daerah Penghasil Kelapa Sawit Terbesar di Indonesia - Indonesia memiliki sumber daya alam yang melimpah, hal ini merupakan sebuah keuntungan yang disebabkan letak negara pertiwi dilalui oleh garis khatulistiwa, sehingga tidak sedikit tumbuhan yang dapat hidup di area yang bisa di katakan cukup subur tersebut.

Salah satu jenis tumbuhan yang cukup subur dan sangat potensial yang terus dikembangkan di Indonesia adalah Kelapa Sawit. Tumbuhan ini merupakan komoditas utama di Indonesia. Hasil olahannya yang memiliki banyak manfaat, membuat banyak pihak yang juga ingin meraup keuntungan dari hasil olahannya berupa minyak sawit mentah (crude palm oil).

Berikut ini penduduk.com akan sajikan beberapa daerah penghasil kelapa sawit terbesar di Indonesia, diantaranya :

Daerah Penghasil Kelapa Sawit Terbesar di Indonesia

1. Provinsi Riau

Daerah penghasil kelapa sawit terbesar di Indonesia yang pertama adalah Provinsi Riau. Hampir terjadi tiap tahun peristiwa kebakaran hutan, dimana penyebab salah satunya yaitu akibat pembukaan lahan areal perkebunan sawit. 

Bahkan di pertengahan Juni tepatnya tahun 2015 silam, ditemukan beberapa titik api di Pekanbaru Riau, hingga akhirnya ditumbuhi oleh kelapa sawit di areal lahan yang telah terbakar. Meskipun image kebakaran tersebut begitu melekat di Riau, hal tersebut nayatanya tak menurunkan produksi serta tetap menjadikan provinsi Riau sebagai penghasil kelapa sawit terbanyak dan terbesar di Indonesia saat ini.

2. Pulau Sumatera

Daerah penghasil kelapa sawit terbesar di Indonesia yang kedua adalah kawasan Pulau Sumatera. Persebaran komoditi tumbuhan kelapa sawit di Pulau Sumatera sendiri dimulai dari kawasan Aceh yang sekaligus juga mempunyai banyak perkebunan sawit yang hasilnya cukup besar. Selain Aceh, bahkan hampir di semua wilayah Sumatera ada banyak perkebunan sawit yang begitu luas serta menghasilkan berbagai macam komoditi sawit di tiap musim panen tumbuhan kelapa sawit. 

Kualitas tumbuhan kelapa sawit Pulau Sumatera tidak perlu diragukan lagi. Tumbuhan dari Pulau ini juga mempunyai kualitas yang bagus dan sudah diakui oleh dunia. Sumatera Utara adalah salah satu kawasan pulau Sumatera yang dijadikan sebagai daerah penghasil kelapa sawit terbesar dan terbanyak. Adapun salah satu perkebunan terbesar yang menghasilkan kelapa sawit di daerah ini adalah PTPN dengan luas sekitar 300.000 ha lebih dengan luas areal dari perkebunan rakyat sendiri ada sekitar 400.000 ha lebih.

3. Pulau Sulawesi dan Kalimantan

Daerah penghasil kelapa sawit terbesar di Indonesia yang ketiga adalah Pulau Sulawesi dan Pulau Kalimantan. Kepulauan ini menjadi satu diantara beberapa pulau/daerah tempat persebaran komoditi sawit yang begitu besar di negara Indonesia, hal ini tak lepas dari lokasi area perkebunan yang luas.
Tiga daerah penghasil kelapa sawit terbesar di Indonesia tersebut tentunya sudah dilakukan perawatan yang maksimal dan sedemikian rupa, sehingga mampu menghasilkan kelapa sawit terbanyak dengan kualitas terbaik. 

0 Response to "Daerah Penghasil Kelapa Sawit Terbesar di Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel