Daftar 10 Sungai Terpanjang di Indonesia

Daftar 10 Sungai Terpanjang di Indonesia - Sungai memiliki peranan yang sangat penting bagi kehidupan manusia, mulai dari digunakan sebagai pembangkit tenaga air (PLTA), sarana transportasi, budidaya perikanan dan tentunya juga sebagai sumber air bagi pertanian.

Bagi warga Jakarta pasti tau dong Sungai Ciliwung? Sungai yang memliki panjang mencapai 97 km ini melintasi wilayah Bogor, Depok, dan berakhir di Jakarta. Panjang sungai ini terbilang kecil di Indonesia, pasalnya ada banyak sungai yang panjangnya mencapai ratusan kilometer, bahkan ada yang seribuan kilometer. Berikut ini penduduk.com akan sajikan daftar 10 sungai terpanjang di Indonesia.

Daftar 10 Sungai Terpanjang di Indonesia
Sumber Foto: jarhie.com

1. Sungai Kapuas

Diurutan pertama sungai terpanjang di Indonesia adalah Sungai Kapuas. Sungai yang berada di Provinsi Kalimantan Barat ini mempunyai panjang mencapai 1.143 km. Air yang mengalir di Sungai Kapuas berasal dari mata air Pegunungan Muller dan berakhir di Selat Karimata. Sungai ini sekaligus menjadi sungai terpanjang pertama di Pulau Kalimantan.

2. Sungai Mahakam

Diurutan kedua sungai terpanjang di Indonesia adalah Sungai Mahakam. Sungai yang masih berada di Pulau Kalimantan tepatnya di Provinsi Kalimantan Timur ini mempunyai panjang mencapai 920 km. Ujung dari Sungai Mahakam ada di Selat Makasar. Sungai terpanjang kedua di Pulau Kalimantan ini dimanfaatkan untuk jalur transportasi dan irigasi.

3. Sungai Barito

Diurutan ketiga sungai terpanjang di Indonesia adalah Sungai Barito. Sungai Barito mempunyai panjang mencapai 909 km dan mengalir dari Provinsi Kalimantan Tengah hingga Provinsi Kalimantan Selatan. Air yang mengalir di Sungai Barito ini juga berasal dari Pegunungan Muller dan berakhir di Laut Jawa. Di sungai ini terdapat pasar apung tempat masyarakat setempat melakukan jual beli di atas perahu.

4. Sungai Batanghari

Diurutan keempat sungai terpanjang di Indonesia adalah Sungai Batanghari. Sungai yang berada di Provinsi Sumatera Barat dan Provinsi Jambi ini mempunyai panjang mencapai 800 km. Air yang mengalir di Sungai Batanghari berasal dari mata air Gunung Rasan dan berakhir di Muara Sabak (Bagian timur pulau Sumatera). Sungai Batanghari menjadi sungai terpanjang pertama di Pulau Sumatera.


5. Sungai Musi

Diurutan kelima sungai terpanjang di Indonesia adalah Sungai Musi. Sungai Musi berada di Provinsi Sumatera Selatan dengan panjang sungai mencapai 750 km. Air yang mengalir di Sungai Musi berasal dari sumber mata air di daerah Kepahiang, Bengkulu dan berakhir di daerah Sungsang (bagian timur pulau Sumatera). Sungai Musi menjadi sungai terbesar di kedua di Pulau Sumatera.

6. Sungai Mamberamo

Diurutan keenam sungai terpanjang di Indonesia adalah Sungai Mamberamo. Sungai Mamberamo berada di Provinsi Papua dengan panjang sungai mencapai 670 km. Ujung dari sungai ini berada di Samudera Pasifik.

7. Sungai Begawan Solo

Diurutan ketujuh sungai terpanjang di Indonesia adalah Sungai Bengawan Solo. Sungai terpanjang di Pulau Jawa ini memiliki panjang mencapai 548 km. Air yang mengalir di Sungai Bengawan Solo berasal dari sumber mata air Gunung Lawu dan berakhir di Laut Jawa. Yang menjadi istimewah, ada Lagu Wajib Nasional ciptaan Gesang yang mengisahkan tentang Sungai Bengawan Solo.

8. Sungai Digul

Diurutan kedelapan sungai terpanjang di Indonesia adalah Sungai Digul. Sungai yang berada di Pulau Papua ini memiliki panjang sungai mencapai 525 km. Air yang mengalir di Sungai Digul bersumber dari mata air Pegunungan Maoke dan berakhir di Laut Arafuru.

9. Sungai Indragiri

Selanjutnya ada Sungai Indragiri yang berada di Provinsi Riau. Sungai ini memiliki panjang mencapai 500 km yang berakhir di Selat Malaka

10. Sungai Seruyan

Dan yang terakhir terdapat Sungai Seruyen di Provinsi Kalimantan Tengah. Sungai ini mempunyai panjang mencapai 350 km yang berakhir di Laut Jawa.


Itulah pengetahuan umum mengenai daftar 10 sungai terpanjang di Indonesia. Agar sungai kita tetap terjaga mari kita rawat sungai tersebut dengan cara tidak membuang sampah ke sungai.

0 Response to "Daftar 10 Sungai Terpanjang di Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel