10 Alat Musik Yang Menggunakan Senar dan Terkenal di Dunia

Pada kesempatan kali ini, penduduk.com akan membahas 10 alat musik yang menggunakan senar dan terkenal di dunia, daripada semakin penasaran berikut daftar alat musiknya:

Alat Musik Yang Menggunakan Senar

Banjo

Banjo adalah alat musik yang dikembangkan oleh budak-budak Afrika di Amerika Selatan. Sesuai dengan daerah asalnya, Banjo biasa digunakan untuk mengiringi musik country yang merupakan musik khas amerika selatan. Alat musik banjo memiliki 4 – 6 buah senar dan cara memainkannya yakni di petik.

Bass

Alat musik yang menggunakan senar berikutnya yakni Bass. Bass adalah alat musik yang serupa dengan gitar, yang membedakannya yakni bass memiliki 4 buah senar, walau kadang ada yang menggunakan 6 senar juga sama seperti gitar. Namun dari segi ukuran bass lebih bongsor ketimbang gitar. Bass lebih umum dimainkan dengan cara dipetik menggunakan tangan ketimbang menggunakan pick.

Biola

Dilansir dari wikipedia, Biola adalah sebuah alat musik senar yang dimainkan dengan cara digesek. Biola memiliki empat senar (G-D-A-E) yang disetel berbeda satu sama lain dengan interval sempurna kelima.

Cello

Cello adalah sebuah alat musik gesek dan anggota dari keluarga biola, yang membedakan Cello dan Biola adalah bentuknya, bentuk Cello sangat besar bila dibadingkan dengan biola. Cara memainkannya sama dengan biola, yaitu digesek. Namun karena Cello sangat besar dan berat, Cello akan ditempatkan menempel dengan lantai. Orang yang memainkan cello disebut cellis.

Gayageum

Gayageum adalah alat musik tradisional yang berasal dari negeri gingseng, Korea. Alat musik ini memiliki 12 buah senar dan cara memainkannya dengan di petik. 

Gitar

Gitar adalah alat musik yang sangat mudah ditemui di berbagai negara, jadi hampir negara di seluruh dunia mengenal alat musik yang sering mengiringi lagu-lagu para musisi. Alat musik gitar menggunakan 6 buah senar dan cara memainkannya tidak hanya dipetik namun juga dapat digenjreng menggunakan jari.

Harpa

Harpa adalah salah satu alat musik tertua di dunia. Pada umumnya harpa memiliki bentuk segitiga dan berwarna ke emas san. Harpa memiliki tiga bagian utama yaitu sound board, Neck dan String. Dengan memilik jumlah senar yang bervariasi mulai dari 22 hingga 47  buah senar.

Pipa 

Alat musik yang menggunakan senar selanjutnya yakni Pipa. Pipa adalah alat musik tradisonal yang berasal dari Tionghoa. Alat musik yang unik ini memiliki bentuk menyerupai buah pir dan memiliki 4 – 5 buah senar. Cara memainkan alat musik ini yakni dengan cara di petik. Alat musik Pipa telah ada sejak jaman Dinasti Qin atau sekitar tahun 221 – 206 SM.

Shamisen

Shamisen adalah alat musik petik khas jepang yang memiliki arti tiga garis, sekilas alat musik ini serupa dengan Banjo. Alat musik shamisen hanya mempunyai 3 buah senar dan dipetik menggunakan bachi.

Ukulele

Ukulele adalah alat musik tradisional yang berasal dari Hawaii. Sepintas alat musik ini mirip sekali dengan gitar. Namun ukulele memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan gitar. Alat musik ini menggunakan 4 buah senar dan menjadi instrumen utama dalam musik keroncong.


Itulah daftar 10 alat musik yang menggunakan senar dan terkenal di dunia. Selain yang disebutkan di atas, sebenarnya masih ada banyak lagi alat musik yang menggunakan senar dari berbagai negara. Semoga artikel ini dapat menambah wawsan anda.

0 Response to "10 Alat Musik Yang Menggunakan Senar dan Terkenal di Dunia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel