Banyak yang Tidak Tau, Inilah Perbedaan Ladang, Sawah dan Kebun

Ladang, Sawah dan Kebun merupakan istilah dalam suatu bidang pertanian dan pasti sudah tidak asing lagi ditelinga kalian bukan? Atau jangan-jangan pengunjung blog penduduk.com mempunyai salah satu atau ketiganya di halaman rumah.

Seperti yang sudah kami ulas dalam artikel mengenai daerah penghasil kelapa sawit terbesar di Indonesia, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) ini berada di jalur khatulistiwa, banyak sekali kebun yang ada di negeri kita tercinta ini. Selain kebun tentunya juga banyak Ladang dan Sawah yang hampir dimilliki sebagian penduduk pedesaan.  

Pada kesempatan kali ini, penduduk.com akan membahas perbedaan Ladang, Sawah dan Kebun yang masih banyak jarang diketahui oleh masyarakat umum. Berikut ini penjelasannya:

Perbedaan Ladang, Sawah dan Kebun

Pengertian Ladang

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Ladang adalah 1) tanah yang diusahakan dan ditanami (ubi, jagung, dan sebagainya) dengan tidak diairi; tegal; 2) tanah atau tempat yang luas yang diusahakan karena mengandung sumber daya alam, seperti minyak; 3) sumber ilham, pendapatan, dan sebagainya;

Sebenarnya Ladang dengan Sawah agak mirip, yang membedakan sawah dan ladang terletak pada pembatas di setiap petaknya. Jika Sawah memiliki pembatas disetiap petak, ladang tidak ada. Lahannya membentang tanpa ada petak-petakan. 

Pengertian Sawah

Sawah adalah usaha pertanian yang dilaksanakan pada tanah basah dan memerlukan air untuk irigasi. Salah satu Jenis tanaman yang sudah tidak asing lagi untuk pertanian sawah adalah padi. Padi tidak bisa dipanen dua bahkan tiga kali, jadi hanya cukup sekali panen langsung selesai.

Pengertian Kebun

Kebun adalah lahan yang ditanami oleh satu jenis pohon dan biasanya bertahan dalam waktu lama, sekali panen tidak habis. Untuk lokasi kebun bisa saja letaknya berdekatan dengan sawah, tapi karakter dari keduanya sangat berbeda dan mudah dibedakan. 

Jika Sawah memerlukan air, beda halnya dengan kebun, kebun sangat jarang dialiri air dan biasanya hanya mengandalkan musim hujan saja. Ini karena tanamannya yang kuat dan tahan lama. Cara penanamannya mudah, tinggal gali lubang dan tanam bibitnya, selesai. 

Contoh kata yang sering kita dengar mengenai kebun yakni Kebun Mangga, Kebun Pisang, Kebun Kopi, Kebun Duren dsb.

Perbedaan Ladang, Sawah dan Kebun

Perbedaan dari Ladang, Sawah dan Kebun tergantung pada letak lahan dan yang dihasilkannya pun berbeda. Jadi antara lahan yang satu dengan yang lain bisa menghasilkan komoditi yang berlainan.  

Belum ada Komentar untuk "Banyak yang Tidak Tau, Inilah Perbedaan Ladang, Sawah dan Kebun"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel